Sikompak Berbek Adakan Bimtek EPDESKEL dan SIPADES


 2020-03-10 |  Root

Melalui Sikompak Berbek atau sinau kelompok bareng perangkat desa, para operator dari 19 desa di kecamatan Berbek melaksanakan kegiatan bimbingan teknologi EPDESKEL dan SIPADES.

Bertempat di Pendopo Kecamatan Berbek pada hari Jumat, 6 Maret 2020. Kegiatan bimtek ini di isi oleh perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Nganjuk.

EPDESKEL adalah Aplikasi Epdeskel Kemendagri aplikasi yang digunakan untuk mengisi Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan guna menentukan status tingkat perkembangan desa.

Jadi aplikasi Epdeskel yang dikembangkan oleh Kementerian Dalam Negeri ini merupakan aplikasi yang dibuat untuk mengimplementasikan pelaksanaan Permendagri No. 81 Tahun 2015 tersebut.

Sebagaimana kita ketahui bahwa setiap desa diwajibkan untuk mengevaluasi diri nya dalam upaya melakukan penilaian terhadap pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan  yang secara internal dilakukan oleh Kepala Desa dan Kepala Kelurahan.

Sedangkan SIPADES merupakan aplikasi pencatatan administrasi aset desa sesuai dengan amanat dari Permendagri 1/2016 tentang Pengelolaan Aset Desa mulai dari perencanaan, pengadaan, penata usahaan sampai dengan penyajian laporan yang dilengkapi dengan kodefikasi dan labelisasi aset desa sesuai dengan pedoman umum kodefikasi aset desa. Untuk memudahkan pengelolaan aset desa yang transparan dan akuntabel.